Total Tayangan Halaman

Jumat, 01 Februari 2013

MOBIL BANJIR



Menangani kendaraan ex Banjir : 1. Segera lepaskan kabel negatif Accu, ( terminal negatif lebih kecil dari terminal Posistif ) tujuanya untuk menghindari adanya hubungan arus pendek (korsleting) dari arus listrik yg dapat merusak komponen elektronik. 2. Jika memungkinkan untuk memindahkannya, lakukan dengan caramendorong, jangan coba coba untuk menyalakan mesin karena dapatmenyebabkan adanya korsleting dan air banjir akan terhisap masuk ke dalam mesin dan menyebabkan Water Hammer. 3. Segera non aktifkan rem parkir lalu gunakan Balok Kayu, Batu dll atau masukkan persneling ke gigi 1(manual) atau posisi P ( transmisi Matic) untuk menghindari kanvas rem melekat, terutama pada mobil yang masih menggunakan rem tromol. 4. Periksa semua oli atau pun fluida (minyak), baik itu mesin, transmisi, dan lainnya karena kemungkinan oli atau fluida (minyak) tersebut sudah tercampur air, jadi sebaiknya kuras semua oli atau minyak tersebut dengan yang baru. 5. Kendaraan yang sudah menggunakan ECU sangat sensitif dan kemungkinan mengalami kerusakan akibat telah terendam banjir. Kondisi kendaraan yang telah terendam banjir pastinya akan mengalami kerusakan. Note : Kendaraan yang terendam banjir dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan sbb : 1. Air yang masuk kedalam mesin, dapat menyebabkan dinding silinder menjadi berkarat, hal ini dapat mengakibatkan cacatnya dinding silinder, sehingga tidak presisi lagi dan mengakibatkan kompresi lemah/bocor. Penanganan :Overhaul Mesin : Mengganti Piston, ring Piston dan melakukan oversize silinder Bore. PROSEDUR PENANGANAN MESIN PADA KENDARAAN : 1. Jangan Pernah melakukan Starter Mesin. 2. Periksa dan Lepaskan semua BUSI ( spark plug ) 3. Gunakan angin kompresor ( air gun ) semprotkan kesetiap Lubang busi, untuk mengeluarkan Air di dalam silinder. 4. Setelah semua silinder bersih dari Air banjir. 5. Masukan Oli kedalam Silinder ( 10 sd. 15 tetes ) dengan menggunakan oil can. 6. Putar poros engkol dengan menggunakan kunci Ring / atau shocked 19 mm 7. Apabila poros engkol dapat berputar lembut, artinya mesin OK. Apabila putaran Poros Engkol macet/seret lakukan Overhaul Mesin. Putaran poros engkol di rasakan lembut, artinya mesin OK. 8. Lakukan pembersihan Pada intake Manipold, Air Intake Chamber ( saluran udara masuk ) dan rumah Throttle ( throttle valve ) Lakukan pembersihan soket-soket / conector electrical dengan menggunakan " Contact Cleaner/electrical cleaner" Setelah semua Konector di lepas satu persatu di bersihkan dengan " electrical cleaner spray" kemudian pasang kembali conector tersebut. Lakukan pembersihan ini pada rumah-rumah fuse/relay ( fuse box ) Setelah semuanya bersih. Bisa mulai di pasang accu/batere, dan memutar Kunci Kontak ke Posisi On. -- Thanks & regards Iwan Lenggana